Apa itu Internet Banking
Internet banking can be defined as a facility provided by banking and financial institutions, that enable the user to execute bank related transactions through Internet. Internet banking dapat didefinisikan sebagai fasilitas yang diberikan oleh lembaga perbankan dan keuangan, yang memungkinkan pengguna untuk mengeksekusi transaksi bank terkait melalui internet. The biggest advantage of Internet banking is that people can expend the services sitting at home, to transact business. Keuntungan terbesar dari internet banking adalah bahwa orang dapat mengeluarkan layanan yang duduk di rumah, untuk bertransaksi bisnis. Due to which, the account holder does not have to personally visit the bank. Karena yang, pemegang account tidak harus secara pribadi mengunjungi bank. With the help of Internet banking many transactions can be executed by the account holder. Dengan bantuan internet banking banyak transaksi dapat dilaksanakan oleh pemegang rekening. When small transactions like balance inquiry, record of recent transaction, etc. are to be processed, the Internet banking facility proves to be very handy. Ketika transaksi kecil seperti informasi saldo, catatan transaksi terakhir, dll untuk diproses, fasilitas internet banking terbukti sangat berguna. The concept of Internet banking has thus become a revolution in the field of banking and finance. Konsep perbankan Internet telah demikian menjadi sebuah revolusi di bidang perbankan dan keuangan.
History of Internet Banking Sejarah Internet Banking
The concept of Internet banking has been simultaneously evolving with the development of the world wide web. Konsep perbankan internet telah berkembang bersamaan dengan perkembangan dunia web yang luas. Programmers working on banking data bases came up with ideas for online banking transactions, some time during the 1980s. Programmer bekerja pada basis data berasal perbankan dengan ide-ide untuk transaksi perbankan online, beberapa waktu selama tahun 1980. The creative process of development of these services were probably sparked off after many companies started the concept of online shopping. Proses kreatif pengembangan layanan itu mungkin memicu banyak perusahaan mulai setelah konsep belanja online. The online shopping promoted the use of credit cards through Internet. Belanja online mempromosikan penggunaan kartu kredit melalui Internet. Many banking organizations had already started creating data ware housing facilities to ease their working staffs. Banyak organisasi perbankan sudah mulai membuat data fasilitas perlengkapan perumahan untuk mengurangi staf mereka bekerja. The development of these databases were widely used during the development of ATM's. Pengembangan database ini secara luas digunakan selama pengembangan ATM.
Sometime in 1980s, banking and finance organizations in Europe and United States started suggestive researches and programming experiments on the concept of 'home banking'. Suatu saat di tahun 1980-an, perbankan dan keuangan organisasi di Eropa dan Amerika Serikat mulai penelitian dan eksperimen sugestif pemrograman pada konsep 'perbankan rumah'. Initially in the 80's when computers and Internet were not so well-developed, 'home banking' basically made use of fax machines and telephones to facilitate their customers. Awalnya dalam 80 ketika komputer dan internet tidak begitu berkembang dengan baik, gunakan 'rumah perbankan' pada dasarnya terbuat dari mesin fax dan telepon untuk memudahkan pelanggan mereka. The widespread of Internet and programming facilities created further opportunities for development of home banking. Meluasnya fasilitas internet dan pemrograman menciptakan peluang lebih lanjut untuk perkembangan perbankan rumah.
In 1983, the Nottingham Building Society, commonly abbreviated and referred to as the NBS, launched the first Internet banking service in United Kingdom. Pada tahun 1983, Building Society Nottingham, biasa disingkat dan disebut sebagai NBS, meluncurkan layanan perbankan Internet pertama di Inggris. This service formed the basis for most of the Internet banking facilities that followed. Layanan ini membentuk dasar untuk sebagian besar fasilitas internet banking yang diikuti. This facility was not very well-developed and restricted the number of transactions and functions that account holders could execute. Fasilitas ini tidak sangat baik dikembangkan dan membatasi jumlah transaksi dan fungsi yang pemegang rekening bisa menjalankan. The facility introduced by Nottingham Building Society is said to have been derived from a system known as Prestel, that is deployed by the postal service department of United Kingdom. Fasilitas diperkenalkan oleh Nottingham Membangun Masyarakat adalah dikatakan telah berasal dari sistem yang dikenal sebagai Prestel, yang digunakan oleh departemen layanan pos dari Inggris.
The first online banking service in United States was introduced, in October 1994. Layanan perbankan online pertama di Amerika Serikat diperkenalkan, pada bulan Oktober 1994. The service was developed by Stanford Federal Credit Union, which is a financial institution. Layanan ini dikembangkan oleh Stanford Federal Credit Union, yang merupakan lembaga keuangan. The online banking services are becoming more and more prevalent due to the well-developed systems. Layanan perbankan online menjadi lebih dan lebih umum karena baik mengembangkan sistem. Though there are pros and cons of electronic cash technology , it has become a revolution that is enhancing the banking sector. Meskipun ada pro dan kontra dari teknologi uang tunai elektronik , telah menjadi sebuah revolusi yang meningkatkan sektor perbankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar