Rabu, 21 Desember 2011

Hari Ibu - Emak Dan Onthelnya

Ibu Maryam/Emak saya, lokasinya di sebelah rumah waktu mau berangkat jualan keliling. 




Bagi saya, emak adalah wanita serba bisa yang pandai memanfaatkan sebuah kesempatan. Disaat banyak orang memilih ungkang-ungkang menunggu uang kiriman datang (karena banyak yang keluar negeri), beliau malah menghabiskan hampir seluruh waktunya di dapur untuk memasak makanan yang setiap hari dijual atau membuat jajan pesanan.

Beliau juga tidak pernah malu untuk menjajakan dagangannya keliling kampung dengan sepeda onthel. Dan tak segan-segan memarkir onthelnya di depan Sekolah TK/Paud, jual es lilin dan jajan saat jam istirahat. Waktu saya suruh pakai motor, beliau bilang "Kalau naik motor, nanti ga dapat untung". Yach memang untungnya tak seberapa. 

Tapi dari untung yang tak seberapa itu, beliau bisa melakukan banyak hal tanpa harus menggantungkan jatah dari kedua anaknya. Dan bisa mengantarkan putranya ke bangku kuliah. Kok bisa?? Mungkin apa yang beliau berikan untuk anaknya adalah rizki sedikit tapi barokah yang menjadikan anaknya manut, pinter dan mendapatkan pekerjaan lumayan mapan. Sehingga, putranya bisa membiayai kuliahnya sendiri tanpa harus minta biaya ke orang tua. :)

Salam hormat untuk emak yang tak kenal lelah mencari rizki yang barokah. "Selama tangan ini masih mampu untuk bekerja, aku tak akan mengandalkan jatah dari anakku" Semboyan beliau yang membuat hati saya trenyuh. Semoga ALLAH selalu memberi kesehatan dan umur panjang kepada beliau. Amiiiin

Potret ini diikutsertakan dalam Kontes Perempuan Dan Aktivitas yang diselenggarakan oleh Ibu Fauzan dan Mama Olive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar