Kamis, 15 Desember 2011

Uang Pensiun TKI Taiwan

Ternyata bukan hanya Pegawai Negeri yang dapat uang pensiun, tapi TKI Taiwan di sektor rumah tangga juga mendapatkannya. Kalau yang di pabrik saya kurang tahu. Hehe.

Dibalik potongan gaji selama setahun, ada yang lebih tapi masih ada sisa beberapa ribu NT setiap bulannya, TKI Taiwan masih bisa menerima uang pensiun antara 8-10 juta rupiah. Tergantung kurs mata uang saat itu. Dan uang tersebut bisa diambil ketika sudah finish kontrak dan pulang ke Indonesia. 



Sedangkan untuk TKW Hong Kong yang baru pertama kali kerja, dari sejumlah potongan gaji yang sebesar $21.000/ 25 jutaan, satu sen pun kita tidak dapat kembalian. Sehingga kalau kita tidak pandai-pandai mengatur keuangan selama di Hong Kong, maka pulang Indonesia kita tidak punya apa-apa. Apa ada yang pulang Indonesia ga bawa uang?? 'Banyak'. Lha uangnya kemana aja?? Entahlah..... saya juga pernah merasakannya. Weuehehe.
Gaji besar, pengeluarannya juga besar :)

Hong Kong dan Taiwan, 2 negara yang saat ini sedang banyak diminati oleh para TKW yang ingin memperbaiki ekonomi keluarganya. Alasannya, 2 negara tersebut gajinya lebih besar dari negara lainnya. Tapi pada kenyataannya, biaya hidup disana juga mahal. Jadi, semua tergantung bagaimana kita mengatur keuangan kita. 

Bagi mereka yang suka foya-foya ya ga punya uang. Bagi mereka yang pandai mengatur keuangan ya pulang jadi jutawan. Semua kembali pada kita masing-masing. Kalau saya??? Sedang-sedang saja lah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar