Sabtu, 03 Desember 2011

Produk Ditiru?? Siapa Takut!!!

Di dunia perbloggeran, banyak blogger (tidak semua) yang berusaha  mati-matian  *halah bahasanya* untuk melindungi blog nya agar tidak di Copy Paste orang lain. 

Di dunia dagang/usaha, banyak yang berusaha untuk melindungi hasil karyanya agar tidak di tiru oleh orang lain. Termasuk saya, sudah memikirkan satu jalan agar makanan hasil olahan emak saya tidak ditiru oleh orang lain.


Gambar dari sini

Tapi apa kata emak??? "Lebih baik produk kita yang ditiru orang daripada kita yang meniru produk orang". Saya sempat mengungkapkan protes saya, tapi emak jawab "Emak malah seneng kalau ada yang mau belajar dan bisa bikin jajanan kaya emak". Saya diem merenung.

Ya itulah emak yang tidak pernah takut hasil karyanya ditiru orang lain. Dengan senang hati beliau akan mengajari kalau ada yang mau belajar bikin jajan. Beliau juga sering belajar sama orang lain kalau ada jajanan yang baru. Ternyata beliau berpikir, Banyak orang yang bisa bikin jajanan, tapi tidak banyak yang bisa menghasilkan uang dari jajanan yang  mereka buat.

Di daerah sekitar saya, memang banyak yang bisa bikin jajanan, bahkan alat-alat mereka lebih lengkap dari apa yang dimiliki emak. Tapi alhamdulillah kalau ada hajatan atau acara, pesennya jajan juga ke emak bukan pada mereka. Kadang sampai nolak-nolak, karena ga kuat tenaganya. Maklum hanya mengandalkan tenaga sendiri, ga ada asisten. Hehe

Rejeki sudah ada yang mengaturnya. Kalau memang rejeki kita, tak akan lari kemana. Begitu juga sebaliknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar