Rabu, 30 Januari 2013

Suatu Hari Nanti Sebagai Anak, Adik, Kakak, Sahabat, Istri, Ibu, dan Nenek :’)

Jika Allah memberiku kesempatan umur panjang untuk menempati tiap status itu :)

Seorang wanita dihadirkan dimuka bumi untuk 3 hal penting, 3 jabatan penting, 3 status terpenting. Seorang anak perempuan, seorang istri, dan seorang ibu...

Hari ini aku 26 tahun, aku belum bisa berkata aku sudah menjadi seorang perempuan yang baik. Jalan hidupku masih sangat panjang, yang bisa aku katakan sekarang hanyalah “aku sedang belajar menjadi seorang wanita, dan belajar menjadi seorang perempuan”.

Wanita adalah seseorang yang berwibawa dan bersahaja, tegas dan tegar, kokoh dan kuat, anggun dan jelita. Dan perempuan adalah seseorang yang penuh kelembutan dan keteduhan, ketentraman dan ketenangan, tunduk dan patuh, rendah hati dan tidak mudah dikuasai emosi

Ya, aku sedang berusaha melangkah kesana, dan ternyata status itu sulit..
Ya, banyak wanita, banyak gadis, banyak perempuan, tapi hanya sebagian kecil yang berhasil dalam semua status itu, sulit..

Dengan diriku yang sekarang, aku masih labil dengan emosiku, menangis dalam lukaku, mengeluh dengan sakitku, hanya menunggu dan menunggu berharap dengan instan sesuatu yang baik, keberuntungan selalu berpihak padaku ibarat ulat bulu yang ingin langsung bisa terbang dengan anggun kesana kemari, bodohnya aku, ternyata aku “nothing” dihadapan beribu wanita tangguh diluar sana :(

Kini aku baru seorang anak perempuan..
Belum cukup aku menjadi seorang anak perempuan tanpa sujudku pada Papa dan Ibu
Belum cukup aku menjadi seorang anak perempuan jika aku masih melukis sedih diwajah Papa dan Ibu
Belum cukup aku menjadi seorang anak perempuan jika masih merisaukan hati mereka dengan keluh kesahku
Belum cukup aku menjadi seorang anak perempuan jika masih menunjukkan keputus asaanku berusaha
Belum cukup aku menjadi seorang anak perempuan jika aku masih membiarkan mereka dengan sejuta beban dipundak mereka
Belum cukup... Dan sangat belum cukup :(

Kini aku baru seorang kakak...
Belum pantas aku menjadi seorang kakak jika aku masih belum bisa mengayomi adik-adikku
Belum pantas aku menjadi seorang kakak jika aku masih labil dengan emosiku
Belum pantas aku menjadi seorang kakak jika aku masih egois dengan keinginanku
Belum pantas... Dan sangat belum pantas :(

Kini aku seorang adik...
Belum cukup aku dewasa untuk semua keegoisanku
Belum cukup aku menjadi penenang
Belum cukup aku menjadi penguat
Belum cukup aku menjadi seseorang yang sabar dan ikhlas
Belum cukup aku tegar
Belum cukup... Dan sangat belum cukup :(

Kini aku seorang sahabat...
Belum pantas aku menjadi seorang sahabat jika aku terkadang masih melupakan mereka dalam kesibukanku
Belum pantas aku menjadi seorang sahabat jika aku masih belum menerima kekurangan mereka
Belum pantas aku menjadi seorang sahabat jika aku masih membenarkan kesalahan mereka
Belum pantas aku menjadi seorang sahabat jika aku masih belum memaafkan kesalahan mereka
Belum pantas aku menjadi seorang sahabat jika aku masih diam ketika mereka susah
Belum pantas aku menjadi seorang sahabat jika aku masih tertawa ketika mereka menangis
Belum pantas... Dan sangat belum pantas :(

Hari ini, aku berharap belum terlambat untuk menyadari semua kekurangan dan semua kesalahan yang aku buat sejak aku dilahirkan sebagai seorang anak perempuan...
dan nanti, suatu hari nanti jika Allah masih mengizinkan aku memiliki status lainnya...
Aku berharap kalaupun tak akan bisa sempurna, setidaknya bisa lebih baik untuk mereka yang ada dihidupku..

Jika aku seorang istri...
Aku ingin membagi hidupku dengannya untuk setiap sakit dan senangnya
Aku ingin meredam amarah dalam emosinya
Aku ingin menggenggamnya dalam rapuhnya
Aku ingin berdiri dibelakangnya dalam ketidak percayaannya
Aku ingin hadir sebagai pelipur dalam dukanya
Aku ingin mampu menjadi penguat dalam jatuhnya
Aku ingin mendampinginya dalam setiap kelemahannya
Aku ingin berusaha melengkapi kekurangannya
Aku ingin selalu berada disisinya meski semua orang tak lagi bersamanya
Dan yang selalu aku ingin adalah selalu bisa berada disampingnya untuk setiap waktu hingga akhir nafasku, untuk selalu ada tanpa perlu ia meminta, untuk selalu mengerti tanpa perlu ia berkata, untuk selalu memahami tanpa perlu ia berpura pura :’)

Jika aku seorang ibu...
Aku ingin seluruh hidupku untuknya
Aku ingin menjadi penenang dalam semua tangisnya
Aku ingin jadi peneduh dalam aktivitasnya
Aku ingin menjadi guru dalam hari-harinya
Aku ingin menjadi sahabat dalam labilnya
Aku ingin menjadi teman dalam keceriaannya
Aku ingin menjadi pelindung baginya dalam terik yang membakar
Aku ingin menjadi ibu terbaik yang pernah ia miliki
Aku ingin menjadi teman terbaik dalam hidupnya
Aku ingin menjadi sahabat dalam kesejatiannya
Dan yang selalu aku ingin menjadi ibu terbaik baginya dalam hidup dan matiku :’)

Jika aku seorang nenek...
Cukuplah sisa umurku untuk melalui hari-hari bersama anak cucuku
Cukuplah sisa umurku untuk memeluk kesuksesan mereka
Cukuplah sisa umurku untuk hadir dalam kehidupan mereka
Cukuplah sisa umurku untuk menyaksikan kebahagiaan mereka
Dan yang selalu aku ingin menjadi nenek yang selalu berbahagia dengan banyak cucu hingga akhir hayatku :’)

Jika Allah mengizinkanku untuk waktu lebih lama lagi… Aku ingin memperbaiki semuanya, aku ingin belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi daripada sekedar ini. Figur yang baik untuk semua yang mengisi dan hadir di hari-hariku :’)

InsyaAllah, Asallahu ayya’tiyaanibihim jamii’a Innahu huwal ‘aliimulhakiim :)
Aku ingin menjadi seorang Febri Delen dengan pribadi yang lebih baik :’)
Amiinn :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar