Kamis, 04 Agustus 2011

Bahasa Tulisan Emak-Emak

Siang tadi, HPku bergetar 2 kali tanda SMS masuk. Aku lihat, ternyata emak di kampung yang SMS dan sempat ngobrol via SMS. Kira-kira inilah percakapan kami yang sudah saya translete ke bahasa Indonesia.

Emak : "Nduk paketannya sudah datang ini tadi dapat kiriman buku lagi dari Blitar" (buku ke 4 hadiah dari GiveAway)
Aku   : "Oh, itu Al Qur'an komplit terjemahan, hadiah dari lomba nulis tapi ga menang. Yang dari Surabaya   sudah datang belum mak???
Emak : " Yang dari Surabaya 2 sudah datang lha paketannya dibuka apa ga????
Aku   : "Dibuka gapapa mak, boleh di pakai tapi jangan dirusakne. 
Emak : Lha isine apa to kok boleh dipakai jangan dirusakne??? Nanti saja bukanya, mak'e sekarang masih repot pesenan jajan banyak.
Aku   : (agak bingung, masa buka paket isi buku saja ga sempat???) isine Al Qur'an plus terjemahan mak"
Emak : (tambah bingung) maksudnya paketanmu dari Hong Kong dibuka apa ga???

Oalah.... ternyata aku yang ga nyambung dengan bahasa tulisan emak yang tanpa titik dan koma (lihat sms pertama). Maksudnya tuch paketanku yang dari Hong Kong sudah datang dan dapat kiriman buku dari Pak Ies Blitar. Yach maklum sudah sepuh, tapi masih lumayan lah bisa SMS. Banyak teman yang orang tuanya ga bisa SMS seperti mertua ku. Jadi harus telp kalau mau kasih kabar ke orang tua. Alhamdulillah emakku bisa SMS jadi bisa ngirit kartu telp. xixixi.

HP buat emakku sangat berguna, karena pelanggannya kadang-kadang pesen jajan via SMS atau telp. Jadi HP selalu di gendong kemana-mana. "njagani kalau anakku telp" katanya. Pernah kejadian, ada pelanggannya yang SMS pesen lauk yang rencananya buat makan siang. Kebetulan HPnya ga diliat. Nach pas emak lewat depan rumahnya si pemesan, lauknya sudah kehabisan. Yach kasian tuch orang ga punya lauk buat makan siang. Mulai saat itu, HP selalu dibawa kemana-mana. 

Ada kejadian lucu dan mengharukan, waktu emak nyeberang sungai. Ga sengaja kepleset jatuh dan HP nya mandi air terus ga bisa dipakai lagi. Karena HP sangat berguna buat emak, adek yang saat itu ada uang langsung di transfer sejumlah uang yang bisa buat beli HP baru yang agak bagus. Tapi emak bilang "mau beli HP second saja yang 300ribuan". Aku langsung ngomel-ngomel, wong di kasih uang lebih kok malah mau beli second. "Halah wong sudah tua ae ga usah gaya" katanya. Dan akhirnya, malah ga jadi beli HP karena HP yang mandi air sudah di service bisa dipakai lagi. Dan jatah buat beli HP dialokasikan buat jatah nyumbang ke orang pengantenan. Pinter juga nich emak hehe.

Aku jadi ingat, dulu waktu kami masih kanak-kanak selalu minta sesuatu yang baru, tapi ortu cuma bisa kasih  barang second buat kami. Dan sekarang ketika kami mampu membelikan barang baru untuk beliau, eh beliau malah milih barang second. Waktu itu langsung netes airmata di pipi. Terharu banget gitu lho. Beliau juga pernah bilang "Orang tua ga pernah minta balasan apa-apa, melihat anaknya sukses saja kami (ortu) sudah bahagia". Subhanallah..... betapa mulianya hati orang yang telah melahirkan dan membesarkan kita ini.

Alhamdulillah, aku bersyukur sekali lahir dari keluarga yang pengertian dan pekerja keras. Tidak mengandalkan jatah dari anak untuk biaya hidupnya. "Selama tangan ini mampu untuk bekerja, aku tidak akan minta ke anak" kata beliau. Jadi, meskipun anak perempuannya di Hong Kong, anak lelakinya sedang menggapai kesuksesan di Jakarta dan menantunya kerja di Taiwan. Beliau tidak malu untuk jualan keliling naik sepeda ontel menjajakan makanan. Jualan es lilin di depan sekolahan setiap hari juga beliau lakukan. Beliau juga menerima pesanan berbagai macam snack buat acara syukuran, pengajian, dll. Ada yang mau pesen???? (halah promosi).

Kadang sedih juga, sampai saat ini aku belum bisa menemani beliau dimasa tuanya. Tapi insyaallah, lebaran tahun ini yang terakhir kalinya aku jauh dari beliau. Aku ingin menemani beliau menghabiskan sisa umurnya. Ingin membuat beliau bangga punya anak seperti aku. Yang kadang masih bandel meskipun sudah bersuami. Tapi aku yakin, AKU PASTI BISA. Bisa apa??? ya.... bisa segalanya yang baik-baik saja tentunya. hehehe.

Terima kasih ayah dan bunda, 
Karena engkau, aku bisa melihat indahnya dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar