Senin, 22 Agustus 2011

Jadi JUMINTEN di Amerika

Di postingan yang berjudul ADA BERKAH DIBALIK PENIPUAN, saya sudah mengajak anda untuk menengok perjuangan seorang TKI di Taiwan. Dan kali ini saya akan mengajak anda ke Amerika, tapi bukan untuk mewawancarai pasangan Bayu & Firly yang sekarang sedang mengemban tugas negara sekalian bulan madu itu lho ya.  Tapi mau berceloteh tentang perjuangan seorang wanita yang tak memiliki kemampuan apa-apa  namun bisa  terdampar di Amerika. Oh iya.... Emang siapa sich Bayu & Firly itu kok bisa kesasar di Amerika juga??? Buat yang belum kenal silahkan berkunjung ke markasnya di http://oioisquad.blogspot.com/ (lho kok jadi promosi???) xixixi

Cepat-cepatlah pulang ke Indonesia
Sudah tak tahan ingin jumpa
 Cepat-cepatlah pulang ke Indonesia
 Indonesia raya.... Merdeka
 Sekali merdeka.... tetap merdeka.....

Ingatkah anda lirik diatas lagunya siapa??? Yang saya tahu lagu ini berjudul "JUMINTEN" yang nyanyi lupa hikz. Lagu ini sepertinya pas buat seorang ibu dari 5 anak dan nenek dari 6 cucu yang dulunya bekerja sebagai TKW di Arab Saudi. Namun dewi keberuntungan sedang berpihak pada beliau sehingga bisa ikut majikan yang orang Mesir ke Amerika. Jadi pembantu rumah tangga di Amerika dengan gaji dollar Amerika pula. Yang jelas beberapa kali lipat dengan gaji saya donk. hehe

Saya sempat tanya sedikit tentang beliau pada anak bungsunya melalui inbox facebook. Dan saya baru tahu kalau beliau di Amerika tepatnya tinggal di daerah Virginia dan bekerja di daerah Maryland ini sudah hampir 11 tahun. Sempat kaget juga, ternyata sudah selama itu. Dan selama 11 tahun itu beliau sama sekali belum pulang ke Indonesia. Ditambah kerja di Arab Saudi beberapa tahun, sampai-sampai pernikahan ke 5 anaknya, beliau tidak ada di rumah. Subhanallah..... bagaimana perasaannya ya??? 

Meskipun cucunya sudah besar, namun nenek dengan 6 cucu ini masih nampak awet muda. Kok bisa??? Hawanya Amerika ataukah karena uangnya yang bikin orang awet muda ya??? hehehe. Tapi salut banget dengan beliau yang mampu bertahan melawan kerasnya kehidupan di negeri paman Sam. Dan juga mampu mengalihkan kerinduan kepada keluarga dengan pekerjaan. Salut juga dengan kesetiaan suami beliau yang saat ini sedang menikmati masa-masa pensiun tanpa kehadiran seorang istri. 

Sebenarnya apa ya yang beliau cari??? Anak sudah dewasa semua, cucu juga sudah punya. Tapi kok masih saja semangat mencari uang di negeri orang. Bukankah kebersamaan jauh lebih berharga daripada harta??? Entahlah..... saya sendiri tidak bisa menjawab. Wong saya sendiri juga jadi Juminten tapi di Hong Kong xixixixi.

Waktu saya tanya langsung ke beliau kapan pulang ke Indonesia, beliau bilang tahun depan. Yach hanya bisa berdo'a semoga rencana beliau tidak meleset. Bisa segera pulang ke tanah air dan bisa menikmati hari tua bersama keluarga. Kalau nuruti duit rasanya sebelum dunia berakhir tak akan ada habisnya dech hehe. Semoga ALLAH selalu melindungi dan melancarkan semua urusan beliau dan kita semua. Amiiiin.

Ibu Minah Abdullah, yang masih tetap awet muda meskipun usianya tak lagi muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar