Rabu, 27 Juli 2011

HIDANGAN PEMBUKA KETIKA YAM CHA

Bagi sebagian orang chinese, YAM CHA (makan dim sum dan minum chinese tea) adalah suatu tradisi yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Itu bisa dilihat dari beberapa restaurant yang selalu ramai pengunjung ketika menjelang makan siang (jam 11an). Apalagi kalau hari minggu, antrinya bisa seperti mau nonton film di bioskop. Mungkin karena harganya yang lumayan murah, kadang mereka memilih yam cha untuk sekedar kumpul keluarga atau teman daripada makan malam yang bisa habis gaji saya sebulan bahkan lebih. Sedangkan untuk yam cha mereka ga perlu mengeluarkan $1000an meskipun bawa bolo kurowo. Kok saya bisa tahu? Ya tahulah, hampir setiap hari saya ikut nenek yam cha (Xixixi). Setelah sekian lama saya diajak yam cha, saya baru tahu kalau mereka memilih dim sum sebagai hidangan pembuka. Dilanjut nasi atau mie yang terdiri dari berbagai macam cara masaknya. Dan sebagai penutup mereka milih puding atau agar-agar. (Eh sama ga ya?)


Sebenarnya dari dulu seperti itu cara yam cha keluarga boss saya. Tapi saya tidak begitu memperhatikan. Dan minggu kemarin seperti biasa saya membawa nenek yam cha. Dan kebetulan anak, cucu dan buyutnya ada semua. Saat baru masuk dan pesan makanan, buyutnya nenek yang masih berumur 5tahun minta chicken rice. Eh pakdenya bilang "makan dim sum dulu lah jangan langsung makan nasi". Saat itu saya baru sadar kalau yam cha mereka lebih memilih hidangan pembuka berupa dim sum. Hikz dasar Tarry yang dipikirin cuma kenyang tanpa tahu aturan.


Kenapa mereka memilih dim sum sebagai hidangan pembuka? Itu karena yam cha sendiri identik dengan yang namanya ngobrol jadi harus makan yang ringan-ringan dulu supaya tidak cepat kenyang. Kalau duduk langsung dihajar makanan berat seperti nasi, dim sum yang jenisnya ada puluhan bahkan ratusan (kalau restaurant besar) itu tidak akan bisa di incipi semua pastinya. Dan kalau sudah kenyang biasanya mata jadi ngantuk khan? Lha kapan ngobrolnya kalau ngantuk duluan (pengalaman) hehe.

Dim sum itu apa saja sich, kok pas buat hidangan pembuka ketika yam cha? Kalau disuruh menyebutkan saya tidak tahu namanya. Soale bahasa inggris saya hanya sampai "yes" dan "no" saja xixixi. Yang saya tahu saja yach. Diantaranya bakpao dengan berbagai macam isi, bakso sapi, kaki ayam di steam, tepung di gulung-gulung isi udang. Dan masih banyak lagi yang lain. Bagi anda yang ingin menikmati Chinese food anda bisa memilih dim sum untuk anda nikmati bersama teman dan orang-orang tercinta (heloh kok malah promosi). Tapi jangan lupa minum chinese tea untuk melunturkan lemak yang ada di makanan yang anda makan. Karena hampir semua makanannya sangat berminyak. Biar ga melar tuch body xixixi.

Artikel ini saya ikutkan di acara Aduk blogcampoya Pakde Cholik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar