Senin, 19 September 2011

ILEGAL yang DIHALALKAN

Yang namanya ILEGAL, sepertinya dimana-mana ya dilarang. Tapi kali ini saya akan ngomongin ILEGALnya para TKI. Kalau di Hong Kong sendiri biasa disebut Overstay atau OS. Bagi TKI di luar negeri, OS merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan gaji lebih besar dan yang pasti resiko lebih besar donk. 

TKI bersatu untuk kebaikan. Jangan saling mempengaruhi untuk menjadi TKI ILEGAL

Di Korea, Jepang, Taiwan dan negara lain (mungkin) lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan meskipun OS. Tapi kalau di Hong Kong, banyak Majikan yang memilih TKW legal daripada yang OS. Karena resiko bukan hanya dianggung TKW tapi juga para majikan. Majikan pun juga akan dikenakan denda berupa uang maupun penjara. Bagi TKW nya sendiri, sekalinya ketangkap langsung masuk penjara dan dipulangkan Indonesia plus status Blacklist atau tidak bisa datang ke Hong Kong lagi selamanya.

Mungkin anda bertanya, kok ga bisa datang lagi ke Hong Kong kenapa???? Khan bisa ganti identitas??? Kalau kejadiannya sebelum tahun 2003, TKW yang masuk daftar blacklist masih bisa ganti identitas dan bisa kembali lagi bekerja ke Hong Kong. Entah mulainya kapan, saya tidak tahu. Tapi yang jelas, saat saya datang ke Hong Kong tahun 2003 KTP Hong Kong sudah ganti model yang menyertakan sidik jari kita disana. Dengan adanya sidik jari itu, maka data kita sudah masuk keimigrasian Hong Kong. Dan sampai kapanpun data itu tidak akan hilang, kecuali kalau kita merusak sidik jari kita atau memotong jempol kiri kita. hihihihi. 

Pernah ada kejadian, sudah punya KTP baru tapi tidak ngaku kalau sudah pernah ke Hong Kong. Dan pihak PT memalsukan semua data TKW tersebut dan sampai Hong Kong langsung berurusan dengan polisi. Dan sudah bisa dipastikan, TKW tersebut tidak dapat pekerjaan malah mendekam dalam penjara. Itu sich dulu, data-data suka dipalsukan ama pihak PT. Saya saja yang umur belum genap 20 dibikin 20. Rumah saya Madiun di bikin Tulungagung. Kalau sudah begini, ya repot kalau terjadi apa-apa dengan kita. Tapi sekarang semua data TKI asli sesuai dengan tanda pengenalnya. Ini hanya katanya ya.... ga tahu bagaimana dengan prakteknya hehe.

Sebenarnya apa sich yang mendorong para TKI melakukan pekerjaan ILEGAL??? Sudah pasti karena gajinya yang besar, terpengaruh ajakan teman yang sudah sukses, kontrak habis tidak mau memperpanjang,  ingin kebebasan atau alasan-alasan lain. Bagi yang bekerja di Pabrik sich sudah pasti punya kebebasan. Tapi bagi TKW, hampir tak punya kebebasan selain hari libur. Sehingga banyak TKI yang mempertaruhkan keselamatannya demi sebuah kebebasan dan gaji besar.

Padahal, yang namanya nasib orang itu tidak sama. Mereka bisa sukses dengan status OS. Tapi kesuksesan itu belum tentu jatuh pada kita. Kalau anda lihat film "Minggu Pagi Di Victoria Park", sedikit-sedikit pasti anda tahu bagaimana para OS memperjuangkan hidupnya. Itu kalau di Hong Kong, yang di negara lain sepertinya tetap enjoy dengan gaji besar dengan catatan TIDAK KETANGKAP. Tapi kalau sudah tertangkap??? Masih mending kalau tertangkapnya setelah bertahun-tahun OS dan sudah dapat duit berkarung-karung. Lha kalau baru 3 bulan tertangkap bagaimana hayo..... hehehe.

Kalau saya pribadi, lebih baik mensyukuri apa yang kita dapat. Meskipun sedikit asal selamat dan tidak ada resiko jadi NAPI. Bukankah rejeki sudah ada yang mengaturnya??? Mau dapat gaji berlipat-lipat kalau bukan rejekinya pasti juga lari lagi kok. Ini omongan orang yang ga punya kesempatan jadi OS. Mungkin kalau ada kesempatan, bisa saja saya jadi OS (Orang Sukses. Amiiiin). Hahaha.

Hanya bisa berdo'a semoga yang OS diberi keselamatan. Mereka ya punya masalah juga segera bisa menyelesaikan. Mereka yang terancam hukuman juga segera dibebaskan. Mereka yang belum dapat perkerjaan segera mendapat pekerjaan biar ga jadi OS. Bagaimanapun mereka juga saudara sebangsa dan setanah air. Yang butuh perhatian dan bantuan meskipun hanya do'a. Semoga ALLAH selalu melindungi mereka dan kita yang LEGAL. Amiiiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar