Minggu, 04 September 2011

VICTORIA PARK ITU APA SICH???

Di blog ini saya sering menyebut VICTORIA PARK, atau TAMAN VICTORY. Tapi ngomong-ngomong, sahabat blogger tahu ga sich Victoria park itu apa, seperti apa dan dimana tempatnya???. Ada teman facebook saya yang bertanya "Mbak.... victory itu sebenarnya apa sich???". Bagi orang yang 'sok', mungkin akan bilang "Hari gini ga tahu Victory??? Apa kata dunia??". Tapi saya bukan orang kejam yang tega ngomong seperti itu kepada siapa saja yang bertanya. (Sok baik euy haha).


Baiklah, posting kali ini saya akan mencoba memberikan gambaran tentang victoria park kepada sahabat blogger. Biar ga bingung kalau saya menyebutnya lagi diposting yang akan datang. Victoria Park adalah sebuah taman luas yang terdiri dari lapangan rumput, lapangan sepak bola, Kolam renang, Lapangan Tenis, Playground, taman yang penuh pepohonan dll. Victoria Park berada di daerah Causeway Bay, Hong Kong. Terletak beberapa ratus meter dari laut (bukan pantai) Causeway Bay. Jadi kalau merasa jenuh dengan hiruk pikuk manusia di Victoria Park, kita bisa jalan-jalan di pinggir laut untuk menghitamkan kulit (hah emangnya kurang hitam??? hikz). 

Bagi yang pingin melihat keindahan air laut, di tempat ini kita bisa menyewa perahu boat yang ukuran kecil untuk membawa kita muter-muter di area itu saja. Bukan nyebrang ke Kowloon lho.... tarifnya tergantung penumpang, Makin banyak yang naik makin murah bayarnya. Saya dulu pernah naik sekitar 10 orang bayarnya $10/orang. Tapi sudah lama ga pernah naik lagi karena ga ada yang mau diajak naik, alasannya kalau naik perahu kecil pasti mabuk. Haduh ternyata ada yang lebih katrok dari saya. xixixixi

Untuk mencari Victoria Park bukan suatu hal yang sulit. Bagi TKW yang di daerah Hong Kong, selain bus, mini bus (Siu pa), MTR (kereta bawah tanah) juga bisa naek  Teng-teng/Tram yang murah meriah tapi jalannya pelan seperti keong racun. Saya sering ga sabar kalau naik kendaraan yang satu ini. Hikz. Yang di daerah Kowloon dan New Teritories bisa naik Bus atau MTR (kereta bawah tanah). Jadi dimanapun TKW berada, bisa bertemu dan berkumpul  di Victoria Park. Sehingga tempat ini sering di juluki kampung Indonesia atau Kampungnya para TKW. Tapi hanya hari libur saja Victoria Park berubah jadi lautan manusia. Kalau hari biasa lebih banyak warga Hong Kong yang olah raga, bermain bersama anak-anak atau sekedar jalan-jalan menghirup udara segar.

Beberapa gambar di bawah ini saya ambil sekitar 2 bulan yang lalu, ketika mengajak nenek jalan-jalan. Waktu itu saya dari North Point menyusuri jalan-jalan kecil sambil mendorong kursi roda dan akhirnya sampai juga di Causeway Bay. Padahal lumayan jauh lho, tapi alhamdulillah sambil ngobrol sama nenek ga terasa pulang pergi jalan kaki hehe. 

 Kami menyebut tempat ini "BUNDARAN AIR MANCUR". Biasanya banyak yang memanfaatkan tempat ini untuk janjian. Di sebelah air mancur ini ada TV besar dan kami sering menjadikannya penunjuk jalan. "Dimana yu??" biasanya kami sering menjawab "Air mancur/ bunderan bawah TV besar". Nach gampang khan???

 Yang ini "LAPANGAN SEPAK BOLA" nampak dari samping. Dan bangunan di seberang itu "LIBRARY" (krem dibalik pohon kecil). Lapangan ini terdiri dari 6 pasang gawang sepak bola. Catet bukan 6 gawang tapi 6 pasang gawang hihihi. Luas sekali khan?? Bagian yang paling ujung ada gawang basketnya juga. Tempat ini kalau matahari sudah mulai sembunyi di balik awan, akan banyak sekali TKW berjemur. Tapi harus hati-hati, karena sewaktu-waktu bisa ada bola melayang di kepala. Dan pada event-event tertentu, lapangan ini sering dijadikan tempat perayaan seperti bazar, Flowers show, Demo, Konser musik dll.

Yang ini "LAPANGAN RUMPUT", luasnya beberapa meter lebih kecil dari lapangan sepak bola. Tempat ini juga akan jadi lautan manusia kalau hari libur tiba. Apalagi kalau menjelang malam, biasanya kalau siang banyak yang memilih jalan-jalan dan malamnya kembali ke lapangan ini untuk makan malam bersama, atau buat latihan dancer (bagi grup-grup dancer). Dan masih banyak lagi ragam kegiatan positif dan negatif yang dilakukan di lapangan ini.

 Diantara Lapangan Rumput dan lapangan Sepak Bola ada jalan setapak  area jogging. Seperti tulisan pada gambar diatas "JOGGING ONLY", jalan ini khusus buat mereka-mereka yang jogging. Mau nekad??? Silahkan saja. Tapi di ujung jalan para petugas akan menegur anda untuk jalan di jalur pejalan kaki. "Lho Mbak Tarry kok tahu???" ya tahu lah.....saya waktu ambil gambar ini  khan sudah nyoba jalan di jalur ini sambil dorong kursi roda. haha

 Ada banyak playground disini, bagi yang tinggal di daerah Causewa Bay dan sekitarnya bisa mengajak momongannya main-main. Ada banyak permainan yang pas buat anak-anak. Tapi harus hati-hati lho.... jangan sampai lengah kalau ga pingin momongannya jatuh hehe.

 Tidak perlu takut kesasar kalau pergi kesini, karena ada petunjuk jalan di setiap sudut-sudut taman.

Patung ini berada di tengah-tengah lapangan sepak bola. Namanya "STATUE OF QUEEN VICTORIA". Duduk dengan gagahnya menghadap ke LIBRARY, tanpa kenal panas dan hujan. hehe


Kalau yang ini kami sering menyebutnya "PERAHU-PERAHUAN". Tempat ini digunakan untuk main perahu yang pakai remot itu lho. Tapi saya tidak begitu suka ke tempat ini karena berisik banget oleh suara perahu. Tapi seru juga kalau lihat mereka berlomba-lomba memainkannya. Ikutan teriak-teriak histeris. hehe katrok banget yach.

Lebih jelasnya lihat gambar ini. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain yang menarik untuk di tulis. Ada kolam renang, lapangan tenis, paling atas ada tenda biru "TENDA PUTIH" yang biasa digunakan untuk forum-forum atau pengajian organisasi TKW di Hong Kong. Tempatnya sejuk sekali, disekitarnya banyak pepohonan layaknya hutan kecil.

Akhirnya dengan keterbatasan saya, hanya mampu memberikan tulisan ini untuk sahabat semua. Semoga masih ada waktu menyusuri pojok-pojok victory di detik-detik terakhir saya berada disini. Semoga bermanfaat......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar