Selasa, 11 Oktober 2011

Product Japan, Made In China

 Apa yang anda fikirkan tentang barang yang ada di gambar ini??? Oleh-oleh dari Jepangkah??? Baru tour dari Jepangkah?? Atau apa lagi ya???...

Dan ternyata, barang yang ada di gambar tersebut tidak ada hubungannya dengan Jepang. Barang ini saya beli di Hong Kong. Dan setelah saya teliti, barang ini made in China, Produced for Japan. (Lho??). Yach, meskipun Hong Kong bekas jajahan Jepang tapi produk Jepang juga menguasai pasar di Hong Kong. Ada beberapa supermarket yang khusus menjual produk Jepang. Tapi, apakah barang tersebut langsung di impor dari jepang??? Oh tentu tidak. Hampir semua produk ada embel-embelnya 'Made in China'.

Suatu hari, ada saudara majikan yang dari China datang ke Hong Kong mau beli Rice Cooker. Hampir seluruh toko dimasuki tapi barang yang dia cari tidak ada. Karena dia pingin beli Rice Cooker yang asli 'Made In Japan'. Kata salesnya "Ya mana ada barang yang langsung dari Jepang. Yang ada ya barang jepang made in China". Dan orangnya ga jadi beli "Kalau made in China mah ga usah jauh-jauh beli ke Hong Kong atuh kang". Sambil ngeloyor pergi.

Orang China sendiri atau orang Hong Kong kadang-kadang memandang sebelah mata produk China. Mungkin karena kualitasnya kurang bagus, sehingga enggan untuk membelinya. Padahal, produk China sudah menyebar ke penjuru dunia lho. Pernah anaknya nenek tour ke ASIA (ga tahu Indonesianya apa), pulang ga belanja banyak. Katanya barang disana hampir semuanya made in China. Harganya mahal pula, mending beli langsung di China yang murah meriah.

Jadi kalau beli barang musti hati-hati. Terutama barang elektronik. Jangan tertipu dengan model yang keren sama persis dengan produk aslinya. Kadang-kadang itu  barang tiruan made in China lho. Hehehe
 
NB: Posting kali ini terinspirasi dari postingannya mbak Iffa yang berjudul  Gelang China Berwajah Madura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar